Diagram Administrasi Publik

Berikut ini adalah diagram pencapaian nilai asessmen prodi Administrasi Publik

Status Keberhasil

Nilai Asesmen Kecukupan : 4.00

Syarat Perlu Terakreditasi : TIDAK TERPENUHI

Syarat Perlu Peringkat Unggul : TIDAK TERPENUHI

Syarat Perlu Peringkat Baik Sekali : TIDAK TERPENUHI


Element Pertimbangan : 69 Element

Ketersediaan Berkas : 1 Berkas


Diagram Pencapaian


Matrik Penilain Administrasi Publik
No. Element Item Score Bobot Score x Bobot Syarat Perlu Akreditasi Syarat Peringkat Unggul Syarat Peringkat Baik
No. Element Item Score Bobot Score x Bobot Syarat Perlu Akreditasi Syarat Peringkat Unggul Syarat Peringkat Baik
1 A. Kondisi Eksternal

Konsistensi dengan hasil analisis SWOT dan/atau analisis lain serta rencana pengembangan ke depan.

Tidak Ada Berkas 0.00 1.00 00.00
2 B. Profil Unit Pengelola Program Studi

Keserbacakupan informasi dalam profil dan konsistensi antara profil dengan data dan informasi yang disampaikan pada masing-masing kriteria, serta menunjukkan iklim yang kondusif untuk pengembangan dan reputasi sebagai rujukan di bidang keilmuannya.

Tidak Ada Berkas 0.00 1.00 00.00
3 C.1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
C.1.4. Indikator Kinerja Utama

Kesesuaian Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) Unit Pengelola Program Studi (UPPS) terhadap VMTS Perguruan Tinggi (PT) dan visi keilmuan Program Studi (PS) yang dikelolanya.

Tidak Ada Berkas 0.00 0.51 00.00
4 C.1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
C.1.4. Indikator Kinerja Utama

Mekanisme dan keterlibatan pemangku kepentingan dalam penyusunan VMTS UPPS.

Tidak Ada Berkas 0.00 1.02 00.00
5 C.1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
C.1.4. Indikator Kinerja Utama

Strategi pencapaian tujuan disusun berdasarkan analisis yang sistematis, serta pada pelaksanaannya dilakukan pemantauan dan evaluasi yang ditindak lanjuti. 

Tidak Ada Berkas 0.00 1.53 00.00
6 C.2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
C.2.4. Indikator Kinerja Utama
C.2.4.a) Sistem Tata Pamong

A. Kelengkapan struktur organisasi dan keefektifan penyelenggaraan organisasi.

B. Perwujudan good governance dan pemenuhan lima pilar sistem tata pamong, yang mencakup:

  1. Kredibel,
  2. Transparan,
  3. Akuntabel,
  4. Bertanggung jawab,
  5. Adil.

Skor = (A + (2 x B)) / 3

Tidak Ada Berkas 0.00 0.34 00.00
7 C.2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
C.2.4. Indikator Kinerja Utama
C.2.4.b) Kepemimpinan dan Kemampuan Manajerial

A. Komitmen pimpinan UPPS.

B. Kapabilitas pimpinan UPPS, mencakup aspek:

  1. perencanaan,
  2. pengorganisasian,
  3. penempatan personel,
  4. pelaksanaan,
  5. pengendalian dan pengawasan, dan
  6. pelaporan yang menjadi dasar tindak lanjut. 

Skor = (A + (2 x B)) / 3

Tidak Ada Berkas 0.00 0.34 00.00
8 C.2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
C.2.4. Indikator Kinerja Utama
C.2.4.c) Kerjasama

Mutu, manfaat, kepuasan dan keberlanjutan kerjasama pendidikan, penelitian dan PkM yang relevan dengan program studi. UPPS memiliki bukti yang sahih terkait kerjasama yang ada telah memenuhi 3 aspek berikut:

  1. memberikan manfaat bagi program studi dalam pemenuhan proses pembelajaran, penelitian, PkM.
  2. memberikan peningkatan kinerja tridharma dan fasilitas pendukung program studi.
  3. memberikan kepuasan kepada mitra industri dan mitra kerjasama lainnya, serta menjamin keberlanjutan kerjasama dan hasilnya.
Tidak Ada Berkas 0.00 0.68 00.00
9 C.2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
C.2.4. Indikator Kinerja Utama
C.2.4.c) Kerjasama

A. Kerjasama perguruan tinggi di bidang pendidikan, penelitian dan PkM dalam 3 tahun terakhir.

B. Kerjasama tingkat internasional, nasional, wilayah/lokal yang relevan dengan program studi dan dikelola oleh UPPS dalam 3 tahun terakhir. Tabel 1 LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.34 00.00
10 C.2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
C.2.5 Indikator Kinerja Tambahan

Pelampauan SN-DIKTI (indikator kinerja tambahan) yang ditetapkan oleh UPPS pada tiap kriteria.

Tidak Ada Berkas 0.00 0.68 00.00
11 C.2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
C.2.6 Evaluasi Capaian Kinerja

Analisis keberhasilan dan/atau ketidakberhasilan pencapaian kinerja yang telah ditetapkan institusi yang memenuhi 2 aspek sebagai berikut: 

  1. capaian kinerja harus diukur dengan metoda yang tepat, dan hasilnya dianalisis serta dievaluasi, dan
  2. analisis terhadap capaian kinerja mencakup identifikasi akar masalah, faktor pendukung keberhasilan dan faktor penghambat ketercapaian standar, dan deskripsi singkat tindak lanjut yang akan dilakukan.
Tidak Ada Berkas 0.00 1.02 00.00
12 C.2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
C.2.7 Penjaminan Mutu

Keterlaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (akademik dan nonakademik) yang dibuktikan dengan keberadaan 5 aspek:

  1. dokumen legal pembentukan unsur pelaksana penjaminan mutu.
  2. ketersediaan dokumen mutu: kebijakan SPMI, manual SPMI, standar SPMI, dan formulir SPMI.
  3. terlaksananya siklus penjaminan mutu (siklus PPEPP).
  4. bukti sahih efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu.
  5. memiliki external benchmarking dalam peningkatan mutu.
Tidak Ada Berkas 0.00 1.36 00.00 MIN = 2.00
Tidak Terpenuhi
13 C.2. Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama
C.2.8 Kepuasan pemangku kepentingan

Pengukuran kepuasan layanan manajemen terhadap para pemangku kepentingan: mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra yang memenuhi aspek-aspek berikut:

  1. menggunakan instrumen kepuasan yang sahih, andal, mudah digunakan,
  2. dilaksanakan secara berkala, serta datanya terekam secara komprehensif, 
  3. dianalisis dengan metode yang tepat serta bermanfaat untuk pengambilan keputusan,
  4. tingkat kepuasan dan umpan balik ditindaklanjuti untuk perbaikan dan peningkatan mutu luaran secara berkala dan tersistem,
  5. dilakukan review terhadap pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan mahasiswa, serta
  6. hasilnya dipublikasikan dan mudah diakses oleh dosen dan mahasiswa.
Tidak Ada Berkas 0.00 1.36 00.00
14 C.3. Mahasiswa
C.3.4 Indikator Kinerja Utama
C.3.4.a) Kualitas Input Mahasiswa

Metoda rekrutmen dan keketatan seleksi.
Tabel 2.a LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 4.60 00.00
15 C.3. Mahasiswa
C.3.4 Indikator Kinerja Utama
C.3.4.b) Daya Tarik Program Studi

A. Peningkatan animo calon mahasiswa.
Tabel 2.a LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 3.07 00.00
16 C.3. Mahasiswa
C.3.4 Indikator Kinerja Utama
C.3.4.c) Layanan Kemahasiswaan

A. Ketersediaan layanan kemahasiswaan di bidang: 

  1. penalaran, minat dan bakat,
  2. kesejahteraan (bimbingan dan konseling, layanan beasiswa, dan layanan kesehatan), dan
  3. bimbingan karir dan kewirausahaan.

B. Akses dan mutu layanan kemahasiswaan.

Skor = (A + (2 x B)) / 3

Tidak Ada Berkas 0.00 1.53 00.00
17 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.a) Profil Dosen

Kecukupan jumlah DTPS.
Tabel 3.a.1) LKPS

NDTPS = Jumlah dosen tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti program studi yang diakreditasi.

Tidak Ada Berkas 0.00 0.74 00.00 MIN = 2.00
Tidak Terpenuhi
18 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.a) Profil Dosen

Kualifikasi akademik DTPS.
Tabel 3.a.1) LKPS

NDS3 = Jumlah DTPS yang berpendidikan tertinggi Doktor/Doktor Terapan/Subspesialis.

NDTPS = Jumlah dosen tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti program studi yang diakreditasi.

PDS3 = (NDS3 / NDTPS) x 100%

Tidak Ada Berkas 0.00 0.99 00.00 MIN = 3.50
Tidak Terpenuhi
MIN = 3.00
Tidak Terpenuhi
19 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.a) Profil Dosen

Jabatan akademik DTPS.
Tabel 3.a.1) LKPS

NDGB = Jumlah DTPS yang memiliki jabatan akademik Guru Besar.

NDLK = Jumlah DTPS yang memiliki jabatan akademik Lektor Kepala.

PGBLKL = ((NDGB + NDLK + NDL) / NDTPS) x 100%

Tidak Ada Berkas 0.00 0.50 00.00
20 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.a) Profil Dosen

Rasio jumlah mahasiswa program studi terhadap jumlah DTPS.
Tabel 2.a LKPS dan Tabel 3.a.1) LKPS

NM = Jumlah mahasiswa pada saat TS.

NDTPS = Jumlah dosen tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti program studi yang diakreditasi.

RMD = NM / NDTPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.50 00.00
21 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.a) Profil Dosen

Penugasan DTPS sebagai pembimbing utama tugas akhir mahasiswa.
Tabel 3.a.2) LKPS 

RDPUPS = Rata-rata jumlah mahasiswa yang dibimbing pada PS yang diakreditasi

RDPUL = Rata-rata jumlah mahasiswa yang dibimbing pada PS lain di PT

RDPU = (RDUPS + RDPUL) / 2

Tidak Ada Berkas 0.00 0.99 00.00
22 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.a) Profil Dosen

Ekuivalensi Waktu Mengajar Penuh DTPS.
Tabel 3.a.3) LKPS

EWMPDT = Rata-rata EWMP DT per semester pada saat TS.

EWMPDTPS = Rata-rata EWMP DTPS per semester pada saat TS.

EWMP = EWMPDTPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.25 00.00
23 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.a) Profil Dosen

Dosen tidak tetap.
Tabel 3.a.4) LKPS

NDTT = Jumlah dosen tidak tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah di program studi yang diakreditasi.

NDT = Jumlah dosen tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah di program studi yang diakreditasi.

PDTT = (NDTT / (NDTT + NDT)) x 100%

Tidak Ada Berkas 0.00 0.50 00.00
24 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.b) Kinerja Dosen

Pengakuan/rekognisi atas kepakaran/prestasi/kinerja DTPS.
Pengakuan/rekognisi atas kepakaran/prestasi/kinerja DTPS dapat berupa:

  1. menjadi staf ahli/tenaga ahli/narasumber di lembaga tingkat wilayah/nasional/ internasional pada bidang yang sesuai dengan bidang program studi.
  2. menjadi visiting lecturer atau visiting scholar di program studi/perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul atau program studi/perguruan tinggi internasional bereputasi.
  3. menjadi invited speaker pada pertemuan ilmiah tingkat wilayah/nasional/ internasional.
  4. menjadi editor atau mitra bestari pada jurnal nasional terakreditasi/jurnal internasional bereputasi di bidang yang sesuai dengan bidang program studi.

Tabel 3.b.1) LKPS

NRD = Jumlah pengakuan atas prestasi/kinerja DTPS yang relevan dengan bidang keahlian dalam 3 tahun terakhir.

NDTPS = Jumlah dosen tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti program studi yang diakreditasi.

RRD = NRD / NDTPS 

Tidak Ada Berkas 0.00 0.81 00.00
25 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.b) Kinerja Dosen

Kegiatan penelitian DTPS yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 3.b.2) LKPS

NI = Jumlah penelitian dengan sumber pembiayaan luar negeri dalam 3 tahun terakhir.

NN = Jumlah penelitian dengan sumber pembiayaan dalam negeri dalam 3 tahun terakhir.

NL = Jumlah penelitian dengan sumber pembiayaan PT/mandiri dalam 3 tahun terakhir.

NDTPS = Jumlah dosen tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti program studi yang diakreditasi.

RI = NI / 3 / NDTPS

RN = NN / 3 / NDTPS

RL = NL / 3 / NDTPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.81 00.00
26 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.b) Kinerja Dosen

Kegiatan PkM DTPS yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir.

Tidak Ada Berkas 0.00 0.41 00.00
27 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.b) Kinerja Dosen

Publikasi ilmiah dengan tema yang relevan dengan bidang program studi yang dihasilkan DTPS dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 3.b.4) LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.81 00.00
28 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.b) Kinerja Dosen

Artikel karya ilmiah DTPS yang disitasi dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 3.b.5) LKPS

NAS = Jumlah judul artikel yang disitasi.

NDTPS = Jumlah dosen tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti program studi yang diakreditasi.

RS = NAS / NDTPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.81 00.00
29 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.b) Kinerja Dosen

Luaran penelitian dan PkM yang dihasilkan DTPS dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 3.b.7) LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.81 00.00
30 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.c) Pengembangan Dosen

Upaya pengembangan dosen.
Catatan: Jika Skor rata-rata butir Profil Dosen ≥ 3,5 , maka Skor = 4.

Tidak Ada Berkas 0.00 2.23 00.00
31 C.4. Sumber Daya Manusia
C.4.4 Indikator Kinerja Utama
C.4.4.d) Tenaga Kependidikan

A. Kualifikasi dan kecukupan tenaga kependidikan berdasarkan jenis pekerjaannya (administrasi, pustakawan, teknisi, dll.)
Catatan: Penilaian kecukupan tidak hanya ditentukan oleh jumlah tenaga kependidikan, namun keberadaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komputer dalam proses administrasi dapat dijadikan pertimbangan untuk menilai efektifitas pekerjaan dan kebutuhan akan tenaga kependidikan.

B. Akses dan mutu layanan kemahasiswaan.

Skor = (A + (2 x B)) / 3

Tidak Ada Berkas 0.00 1.12 00.00
32 C.5. Keuangan, Sarana dan Prasarana
C.5.4 Indikator Kinerja Utama
C.5.4.a) Keuangan

Biaya operasional pendidikan.
Tabel 4 LKPS

BOP = Biaya operasional pendidikan dalam 3 tahun terakhir.

NM = Jumlah mahasiswa aktif pada saat TS.

DOP = Rata-rata dana operasional pendidikan/mahasiswa/ tahun dalam 3 tahun terakhir = BOP / 3 / NM

Tidak Ada Berkas 0.00 0.77 00.00
33 C.5. Keuangan, Sarana dan Prasarana
C.5.4 Indikator Kinerja Utama
C.5.4.a) Keuangan

Dana penelitian DTPS.
Tabel 4 LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.77 00.00
34 C.5. Keuangan, Sarana dan Prasarana
C.5.4 Indikator Kinerja Utama
C.5.4.a) Keuangan

Dana pengabdian kepada masyarakat DTPS.
Tabel 4 LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.38 00.00
35 C.5. Keuangan, Sarana dan Prasarana
C.5.4 Indikator Kinerja Utama
C.5.4.a) Keuangan

Realisasi investasi (SDM, sarana dan prasarana) yang mendukung penyelenggaraan tridharma.
Catatan: Jika Skor rata-rata butir tentang Profil Dosen, Sarana, dan Prasarana ≥ 3,5 , maka Skor butir ini = 4.

Tidak Ada Berkas 0.00 0.38 00.00
36 C.5. Keuangan, Sarana dan Prasarana
C.5.4 Indikator Kinerja Utama
C.5.4.a) Keuangan

Kecukupan dana untuk menjamin pencapaian capaian pembelajaran.

Tidak Ada Berkas 0.00 0.77 00.00
37 C.5. Keuangan, Sarana dan Prasarana
C.5.4 Indikator Kinerja Utama
C.5.4.b) Sarana dan Prasarana

Kecukupan, aksesibilitas dan mutu sarana dan prasarana untuk menjamin pencapaian capaian pembelajaran dan meningkatkan suasana akademik.

Tidak Ada Berkas 0.00 3.07 00.00
38 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.a) Kurikulum

A. Keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses evaluasi dan pemutakhiran kurikulum.

B. Kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dan jenjang KKNI/SKKNI.

C. Ketepatan struktur kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran.

Skor = (A + (2 x B) + (2 x C)) / 5

Tidak Ada Berkas 0.00 2.51 00.00
39 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.b) Karakteristik Proses Pembelajaran

Pemenuhan karakteristik proses pembelajaran, yang terdiri atas sifat:

  1. interaktif,
  2. holistik,
  3. integratif,
  4. saintifik,
  5. kontekstual,
  6. tematik,
  7. efektif,
  8. kolaboratif, dan
  9. berpusat pada mahasiswa.

 

Tidak Ada Berkas 0.00 0.84 00.00
40 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.c) Rencana Proses Pembelajaran

A. Ketersediaan dan kelengkapan dokumen rencana pembelajaran semester (RPS) 

B. Kedalaman dan keluasan RPS sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan.

Skor = (A + (2 x B)) / 3

Tidak Ada Berkas 0.00 1.67 00.00
41 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.d) Pelaksanaan Proses Pembelajaran

A. Bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa dan sumber belajar

B. Pemantauan kesesuaian proses terhadap rencana pembelajaran

C. Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian harus mengacu SN Dikti Penelitian: 1) hasil penelitian: harus memenuhi pengembangan IPTEKS, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan daya saing bangsa. 2) isi penelitian: memenuhi kedalaman dan keluasan materi penelitian sesuai capaian pembelajaran. 3) proses penelitian: mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. 4) penilaian penelitian memenuhi unsur edukatif, obyektif, akuntabel, dan transparan.

D. Proses pembelajaran yang terkait dengan PkM harus mengacu SN Dikti PkM: 1) hasil PkM: harus memenuhi pengembangan IPTEKS, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan daya saing bangsa. 2) isi PkM: memenuhi kedalaman dan keluasan materi PkM sesuai capaian pembelajaran. 3) proses PkM:  mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. 4) penilaian PkM memenuhi unsur edukatif, obyektif, akuntabel, dan transparan.

E. Kesesuaian metode pembelajaran dengan capaian pembelajaran. Contoh: RBE (research based education), IBE (industry based education), teaching factory/teaching industry, dll.

Skor = (A + (2 x B) + (2 x C) + (2 x D) + (2 x E)) / 9

Tidak Ada Berkas 0.00 1.12 00.00
42 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.d) Pelaksanaan Proses Pembelajaran

Pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk praktikum, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan.
Tabel 5.a LKPS

JP = Jam pembelajaran praktikum, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan (termasuk KKN)

JB = Jam pembelajaran total selama masa pendidikan.

PJP = (JP / JB) x 100%

Tidak Ada Berkas 0.00 0.56 00.00
43 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.e) Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran

Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran mencakup karakteristik, perencanaan, pelaksanaan, proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan.

Tidak Ada Berkas 0.00 2.51 00.00
44 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.f) Penilaian Pembelajaran

A. Mutu pelaksanaan penilaian pembelajaran (proses dan hasil belajar mahasiswa) untuk mengukur ketercapaian capaian pembelajaran berdasarkan prinsip penilaian yang mencakup: 1) edukatif, 2) otentik, 3) objektif, 4) akuntabel, dan 5) transparan, yang dilakukan secara terintegrasi.

B. Pelaksanaan penilaian terdiri atas teknik dan instrumen penilaian. 
Teknik penilaian terdiri dari: 1) observasi, 2) partisipasi, 3) unjuk kerja, 4) test tertulis, 5) test lisan, dan 6) angket.
Instrumen penilaian terdiri dari: 1) penilaian proses dalam bentuk rubrik, dan/ atau; 2) penilaian hasil dalam bentuk portofolio, atau 3) karya disain.

C. Pelaksanaan penilaian memuat unsur-unsur sebagai berikut: 1) mempunyai kontrak rencana penilaian, 2) melaksanakan penilaian sesuai kontrak atau kesepakatan, 3) memberikan umpan balik dan memberi kesempatan untuk mempertanyakan hasil kepada mahasiswa, 4) mempunyai dokumentasi penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa, 5) mempunyai prosedur yang mencakup tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, pengembalian hasil observasi, dan pemberian nilai akhir, 6) pelaporan penilaian berupa kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah dalam bentuk huruf dan angka, 7) mempunyai bukti-bukti rencana dan telah melakukan proses perbaikan berdasar hasil monev penilaian.

Skor = (A + (2 x B) + (2 x C)) / 5

Tidak Ada Berkas 0.00 1.67 00.00
45 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.g) Integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran

Integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran oleh DTPS dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 5.b LKPS

MK = Jumlah mata kuliah yang dikembangkan berdasarkan hasil penelitian/PkM DTPS dalam 3 tahun terakhir.

Tidak Ada Berkas 0.00 1.67 00.00
46 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.h) Suasana Akademik

Keterlaksanaan dan keberkalaan program dan kegiatan diluar kegiatan pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan suasana akademik.
Contoh: kegiatan himpunan mahasiswa, kuliah umum/studium generale, seminar ilmiah, bedah buku.

Tidak Ada Berkas 0.00 2.51 00.00
47 C.6. Pendidikan
C.6.4 Indikator Kinerja Utama
C.6.4.i) Kepuasan Mahasiswa

A. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan.
Tabel 5.c LKPS
Aspek yang diukur: 1) Keandalan (reliability): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan; 2) Daya tanggap (responsiveness): kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat; 3) Kepastian (assurance): kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan; 4) Empati (empathy): kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa; dan 5) Tangible: penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibitas, kualitas sarana dan prasarana.

B. Analisis dan tindak lanjut dari hasil pengukuran kepuasan mahasiswa.

Skor = (A + (2 x B)) / 3

Tidak Ada Berkas 0.00 3.35 00.00
48 C.7. Penelitian
C.7.4 Indikator Kinerja Utama
C.7.4.a) Relevansi Penelitian

Relevansi penelitian pada UPPS mencakup unsur-unsur sebagai berikut: 

  1. memiliki peta jalan yang memayungi tema penelitian dosen dan mahasiswa,
  2. dosen dan mahasiswa melaksanakan penelitian sesuai dengan agenda penelitian dosen yang merujuk kepada peta jalan penelitian. 
  3. melakukan evaluasi kesesuaian penelitian dosen dan mahasiswa dengan peta jalan, dan 
  4. menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan program studi.
Tidak Ada Berkas 0.00 1.53 00.00
49 C.7. Penelitian
C.7.4 Indikator Kinerja Utama
C.7.4.b) Penelitian Dosen dan Mahasiswa

Penelitian DTPS yang dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa program studi dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 6.a LKPS

NPM = Jumlah judul penelitian DTPS yang dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa program studi dalam 3 tahun terakhir.

NPD = Jumlah judul penelitian DTPS dalam 3 tahun terakhir. 

PPDM = (NPM / NPkMD) x 100% 

Tidak Ada Berkas 0.00 3.07 00.00
50 C.8. Pengabdian kepada Masyarakat
C.8.4 Indikator Kinerja Utama
C.8.4.a) Relevansi PkM

Relevansi PkM pada UPPS mencakup unsur-unsur sebagai berikut: 

  1. memiliki peta jalan yang memayungi tema PkM dosen dan mahasiswa serta hilirisasi/penerapan keilmuan program studi, 
  2. dosen dan mahasiswa melaksanakan PkM sesuai dengan peta jalan PkM. 
  3. melakukan evaluasi kesesuaian PkM dosen dan mahasiswa dengan peta jalan, dan 
  4. menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi PkM dan pengembangan keilmuan program studi.
Tidak Ada Berkas 0.00 0.51 00.00
51 C.8. Pengabdian kepada Masyarakat
C.8.4 Indikator Kinerja Utama
C.8.4.b) PkM Dosen dan Mahasiswa

PkM DTPS yang dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa program studi dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 7 LKPS

NPkMM = Jumlah judul PkM DTPS yang dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa program studi dalam 3 tahun terakhir.

NPkMD = Jumlah judul PkM DTPS dalam 3 tahun terakhir. 

PPkMDM = (NPkMM / NPkMD) x 100% 

Tidak Ada Berkas 0.00 1.02 00.00
52 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Analisis pemenuhan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang diukur dengan metoda yang sahih dan relevan, mencakup aspek:

  1. keserbacakupan, 
  2. kedalaman, dan 
  3. kebermanfaatan analisis yang ditunjukkan dengan peningkatan CPL dari waktu ke waktu dalam 3 tahun terakhir.
Tidak Ada Berkas 0.00 1.92 00.00
53 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

IPK lulusan.
Tabel 8.a LKPS

RIPK = Rata-rata IPK lulusan dalam 3 tahun terakhir.

Tidak Ada Berkas 0.00 1.92 00.00
54 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Prestasi mahasiswa di bidang akademik dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 8.b.1) LKP

RW = NW / NM

Tidak Ada Berkas 0.00 2.88 00.00
55 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Prestasi mahasiswa di bidang nonakademik dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 8.b.2) LKPS

RW = NW / NM

Tidak Ada Berkas 0.00 0.96 00.00
56 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Masa studi.
Tabel 8.c LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 1.92 00.00
57 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Kelulusan tepat waktu.
Tabel 8.c LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 1.92 00.00
58 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Keberhasilan studi.
Tabel 8.c LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 1.92 00.00
59 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Pelaksanaan tracer study yang mencakup 5 aspek sebagai berikut: 

  1. pelaksanaan tracer study terkoordinasi di tingkat PT,
  2. kegiatan tracer study dilakukan secara reguler setiap tahun dan terdokumentasi,
  3. isi kuesioner mencakup seluruh pertanyaan inti tracer study DIKTI.
  4. ditargetkan pada seluruh populasi (lulusan TS-4 s.d. TS-2),
  5. hasilnya disosialisasikan dan digunakan untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran. 
Tidak Ada Berkas 0.00 2.88 00.00
60 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Waktu tunggu.
Tabel 8.d.1) LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 2.88 00.00
61 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Kesesuaian bidang kerja. 
Tabel 8.d.2) LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 1.92 00.00
62 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Tingkat dan ukuran tempat kerja lulusan.
Tabel 8.e.1) LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 1.92 00.00
63 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.a) Luaran Dharma Pendidikan

Tingkat kepuasan pengguna lulusan.
Tabel 8.e.2) LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 3.83 00.00
64 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.b) Luaran Dharma Penelitian dan PkM

Publikasi ilmiah mahasiswa, yang dihasilkan secara mandiri atau bersama DTPS, dengan judul yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 8.f.1) LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 2.88 00.00
65 C.9. Luaran dan Capaian Tridharma
C.9.4 Indikator Kinerja Utama
C.9.4.b) Luaran Dharma Penelitian dan PkM

Luaran penelitian dan PkM yang dihasilkan mahasiswa, baik secara mandiri atau bersama DTPS dalam 3 tahun terakhir.
Tabel 8.f.4) LKPS

Tidak Ada Berkas 0.00 0.96 00.00
66 D. Analisis dan Penetapan Program Pengembangan
D.1 Analisis dan Capaian Kinerja

Keserbacakupan (kelengkapan, keluasan, dan kedalaman), ketepatan, ketajaman, dan kesesuaian analisis capaian kinerja serta konsistensi dengan setiap kriteria.

Tidak Ada Berkas 0.00 1.50 00.00
67 D. Analisis dan Penetapan Program Pengembangan
D.2 Analisis SWOT atau Analisis Lain yang Relevan

Ketepatan analisis SWOT atau analisis yang relevan di dalam mengembangkan strategi.

Tidak Ada Berkas 0.00 2.00 00.00
68 D. Analisis dan Penetapan Program Pengembangan
D.3 Program Pengembangan

Ketepatan di dalam menetapkan prioritas program pengembangan.

Tidak Ada Berkas 0.00 1.50 00.00
69 D. Analisis dan Penetapan Program Pengembangan
D.4 Program Keberlanjutan

UPPS memiliki kebijakan, ketersediaan sumberdaya, kemampuan melaksanakan, dan kerealistikan program.

1 Berkas 4.00 1.00 4.00